Tuesday, April 9, 2013

Tugas SIM


PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Sistem informasi dapat membantu para manajer dan pegawai dalam hal menganalisa masalah dan juga dapat dipakai membuat produk-produk baru.
Kehidupan manajer dipenuhi dengan serangkaian pembuatan (pengambilan) keputusan-keputusan untuk investasi, menaikkan harga jual, mengambil tindakan terhadap karyawan yang sering terlambat, pemilihan lokasi gudang baru yang harus dibangun, dan masalah-masalah besar ataupun kecil lainnya
Pengambilan keputusan adalah kegiatan yang  pemilihan alternatif. Proses pemilihan itu dapat sederhana, dapat juga kompleks. Keputusan yang diambil mungkin tidak menyangkut banyak pihak tetapi dapat pula membawa konsekuensi bagi pihak lain, sehingga perlu pertimbangan yang lebih dalam pada saat seorang manajer akan memutuskannya.
Nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan.. Keputusan dapat berkisar dari keputusan berulang yang sederhana sampai keputusan strategis jangka panjang.Informasi yang terlambat tidak akan mempunyai nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dapat menimbulkan kesalahan dalam tindakan yang akan diambil. Kebutuhan akan tepat waktunya sebuah informasi itulah yang pada akhirnya akan menyebabkan mahalnya nilai suatu informasi. Hal itu dapat dipahami karena kecepatan untuk mendapatkan, mengolah dan mengirimkan informasi tersebut memerlukan bantuan teknologi-teknologi. Artinya, informasi yang diproses dapat menghasilkan informasi yang bernilai dan berkualitas, maka diperlukan seperangkat alat pemrosesan data yang canggih, alat tersebut sekarang ini disebut dengan komputer.
Pengambilan keputusan bertujuan untuk mengatasi dan memecahkan masalah yang bersangkutan sehingga usaha untuk mencapai tujuan dapat dilaksanakan dengan baik.

No comments:

Post a Comment